Muslim di Mexico

Nayantara Mukherji adalah jurnalis, editor, produser radio Inside Islam.

Meskipun dikenal dengan komunitas katolik yang kuat, Meksiko juga adalah rumah bagi sebuah komunitas umat Islam yang kecil namun beragam. Menurut Pew Forum on Religion and Public Life, negara ini memiliki sekitar 110.000 Muslim pada tahun 2009. Itu tak lebih dari 1 persen populasi Meksiko. Namun menurut Zidane Zeraoui, profesor hubungan internasional di Universitas Teknologi Monterrey, sejarah Islam di Meksiko sudah ada sejak awal.

Dalam wawancara saya dengan Zeraoui di Madison, ia menekankan fakta bahwa Muslim dan Yahudi benar-benar datang ke Meksiko pada awal masa kolonial.

“Terdapat ‘Orang Kristen palsu,’ atau Marranos yang datang ke Amerika Latin sebagai orang-orang yang masuk katolik secara paksa. Secara resmi, mereka Katolik, tapi, dalam kehidupan pribadi mereka, mereka masih mempraktekan agama mereka (agama sebelum katolik).”

Sebuah bangunan di Puebla, Meksiko, dibangun dengan gaya Mudejar. Foto: Archnet.org

Zeraoui mengatakan ada banyak indikasi Yahudi dan Muslim terdahulu bermigrasi ke Meksiko. Sebagai contoh, banyak bangunan di Meksiko (termasuk gereja, biara, dan bangunan pemerintah) yang dibangun dengan gaya arsitektur yang disebut “Mudejar”, sebuah istilah yang mengacu pada umat Islam yang hidup di bawah kekuasaan Kristen di Spanyol.

Kota yang ditinggali Zeraoui, Monterrey, didirikan oleh Marranos. Bahkan hari ini, pengaruh Yahudi dan Muslim masih tetap kuat di kota itu. Tidak seperti di tempat lain di Meksiko, kata Zeraoui, orang-orang di Monterrey lebih suka daging kambing daripada daging babi, ini merupakan pengaruh dari praktek makanan halal dan makanan kosher. Mereka bahkan memiliki jenis daging yang mereka sebut “daging Sarassan”

“Di Monterray, kita tidak banyak makan daging babi, tetapi jika Anda pergi ke Mexico City, makanan yang umum adalah makanan dari daging babi.”

Muslim di Meksiko umumnya terkonsentrasi di empat kota: Tequesquitengo di Morelos, Torreón di Coahuila, San Cristobal de las Casas di Chiapas, dan Mexico City. Sekitar separuh dari Muslim di Meksiko saat ini adalah mualaf. Kelompok-kelompok ini sangat beragam, dan mencakup baik Sunni maupun Syiah.

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s